Suzuki Satria FU 150, Bebek 4 Tak 200 cc Tercepat
Di kelas
bebek s/d 200 cc 4-tak tune-up ajang Pertamina Enduro Pertamax Corsa Dragbike
Championship 2011, Suzuki Satria F 150 pacuan
Dani Tilil tak ada lawan. Pria berbadan kurus itu
menorehkan catatkan waktu 7,783 detik di sirkuit Jl. Benyamin Sueb
(27/11) lalu. Timingnya terkecil diantara rivalnya.
Sukses Tilil disupport abis Hari Novrian, mekanik
AHM SKM Harry Motor. Kebetulan Uda, sapaan karib Hari, piawai
juga garap mesin bebek Hyperunderbone buat
liaran trek 800 meter yang
kapasitasnya hampir 300 cc. Yang liaran pernah diulas MOTOR
Plus juga.
“Buat turun pada
jarak 201 meter, spek dan setingan mesin beda sedikit. Terutama kem dan stroke.
Tapi, Tilil bilang powernya hampir mirip 300 cc. Padahal setingan spuyer masih dibikin agak boros untuk kejar aman,”
ujar Uda yang mengaku mesinnya baru digarap kurang
dari
2 minggu ini.
Perbedaan spek dan setingan yang
diakui Uda, lebih
fokus pada ubahan kem. Untuk trek resmi 201 meter, kem yang dipercaya durasinya dibikin 310 derajat.
Sehingga mesin tetap mantap di akselarasi tanpa kurangi performa di top
speednya.
“Durasi dibuat kembar. Untuk
klep isap membuka 50º sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 80º
setelah TMB (Titik Mati Bawah). Sedang klep buang membuka 80º sebelum TMB dan
menutup 50º setelah TMA,” imbuh Uda yang buka bengkel di Jl. H. Naman Blok R6/2B,
Pondok Kelapa, Jakarta Timur itu.
Racikan kem dimaksimalkan ruang bakar yang diseting dengan rasio kompresi
13,2 : 1. Dibikin agak tinggi agar tenaga bawah lebih responsif. Sebab untuk bisa cepat, mesin 184,7 cc itu kini andalakan seher
bore up diameter 66 mm punya Tiger dan naik stroke.
“Kalau posisi big end tetap. Cuma pasang pen stroke ukuran 3 mm. Sehingga langkah seher sekarang jadi 54 mm,” tegas Uda yang
mempercayakan knalpot DBS custom untuk pipa gas buangnya.
Lalu di trek Jl. Benyamin Sueb yang cenderung panas, asupan gas
bakar disuplai Pertamax Plus dan udara dari karbu PE 28 reamer 1 mm bagian atas dengan
setingan spuyer 132/50. Apalagi buka-tutup aliran gas bakar diatur payung klep
standar F 150, yang menurut bapak 1 anak ini dirasa masih mumpuni.
“Karena mesin baru jadi, setingan spuyer dicoba dibikin lebih
basah dulu biar aman waktu race. Terlihat dari
elektroda busi hasil pembakaran yang warnanya masih agak kecoklatan. Padahal
kalau time mau dibikin lebih cepat lagi, bisa saja sih. Caranya dicekek lagi. Kemarin bisa pasang main-jet sampai 125 atau turun 3 step lagi,” lanjut Uda.
Nah, dari semua ubahan tadi, komponen vital penentu kemenangan motor Dani Tilil adalah kampas koplingnya. Tanpa didukung peranti yang tepat, tenaga motor enggak maksimal ke roda belakang.
Tak ayal Uda mempercayakan kampas kopling Suzuki RGR150. Katanya materialnya lebih kuat dan penampang permukaan kampasnya lebih
lebar. Resiko kampas slip jauh dari bayangan. Sebab dibanding aslinya, jika
dipakai untuk balap biasanya tapak kampas gampang lepas. Selain itu umur
pakainya enggak bisa lebih dari 2 kali turun. Lebih awet jadinya. Awas!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar